Wow.. Batu Akik Ini Berharga 20M

On 2015-07-30 by admin

Demam batu akik umum terjadi di berbagai belahan negeri di tanah air. Tidak hanya di ibukota propinsi, tetapi juga merambah sampai ke kota kecil sampai ke desa-desa. Entah siapa yang memulai trend batu akik sehingga menjadi fenomena begini, padahal pedagang batu akik sudah ada sejak saya kecil puluhan tahun lalu. Pemandangan pedagang kaki lima yang berjualan cincin batu akik merupakan hal yang biasa kita temui di selasar pertokoan. Pembelinya tidak banyak, umumnya penggemar cincin yang kebanyakan para pria berusia di atas 30an. Macam-macam tujuan orang membeli cincin berbatu akik, ada yang bertujuan untuk kelihatan gagah dan lebih percaya diri, tetapi ada pula yang membelinya untuk jimat atau kesaktian.

Tentu saja demam batu akik ini membawa berkah bagi pedagang batu akik yang selama ini tampak luput dari perhatian orang. Tidak hanya pedagang, bisnis penyertanya juga ikut menjamur, yaitu layanan asah batu akik di pinggir jalan. Pembeli cukup membawa batu akik yang masih mentah, nanti oleh tukang asah batu akik tadi digerinda dengan mesin dan dipoles sampai halus sehingga menkilap dan berkilau.

Batu-Akik-Langka-Serendibite1

Source:http://infounik.org/wp-content/uploads/2015/03/Gambar-Batu-Cincin-Serendibite-Gemstone.jpg

Seperti yang di lakukan oleh Lim Saputra, warga Kelurahan Pandean, Kecamatan Taman, Kota Madiun, membanderol batu mulia berjenis serendibite dengan kadar karat 4,85 miliknya dengan harga fantastis yaitu 20 Miliar. Batu itu telah dipoles dan siap diletakkan pada tempatnya alias emban cincin.

Harga tersebut menurutnya terbilang murah karena harga perkarat secara internasional adalah 24 Miliar. Tingginya harga yang dipatok itu, menurut dia, karena serendibite termasuk batu mulia langka di dunia. Bahkan, hanya bisa ditemukan di Sri Lanka dan Myanmar Utara. Adapun keunikannya memiliki penyerapan cahaya yang sangat tinggi.

Batu serendibite memang terkenal langka dan mahal, tetapi dibalik itu terdapat keindahan yang luar biasa pada batu tersebut, dengan sifat optik hijau kekuningan hingga hijau kebiruan dan violet sehingga mampu menampilkan batu yang sangat elegan selain itu tingkat kekerasan antara 6,5 sampai 7 mohs membuat batu memiliki tingkat kekerasan tinggi. Sehingga untuk kualitas dan keindahan pada batu mulia serendebite tidak perlu dipertanyakan lagi.

Karena nilai jual dan keunikan yang tinggi, Lim khawatir ada pihak yang berniat jahat saat serendibite dibawa dari rumahnya menuju lokasi pameran batu mulia. Ia sengaja meminta pengawalan aparat Satuan Brigade Mobil Detasemen C Pelopor Madiun.

Selain mengawal, dua petugas dengan dilengkapi senjata api juga menjaga batu mulia yang telah mengantongi sertifikat dari Asian Institute of Gemological Science (AIGS) di lokasi pameran.

“Batu ini sangat bernilai dan langka, maka saya meminta pengawalan dari Brimob untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Lim yang juga pemilik usaha penjualan aksesoris mobil.

Dalam pameran dan kontes batu mulia itu, Lim berencana melelang batu serendibite miliknya. Apabila ada yang berminat dan membeli sesuai harga yang dipatok, batu langka itu akan dilepas. Namun kalau tidak ada juga tak masalah karena niat utama Lim adalah memberikan edukasi kepada warga tentang adanya batu langka di dunia ini.

Batu-Akik-Langka-Serendibite

Source:http://cdn.wakik.com/wp-content/uploads/2015/03/Batu-Akik-Langka-Serendibite-700×466.jpg

Batu serendibite ini sengaja diikutkan dalam acara tersebut untuk menarik perhatian pengunjung, sehingga tingkat penjualan dari beragam batu mulia yang ikut pameran tinggi.

Nah, bagi kalian pecinta batu akik dengan adanya informasi diatas ini semoga dapat menambah pengetahuan kalian tentang batu akik khususnya yang berharga mahal seperti serendibite ini, karena memang untuk jenis batu tersebut jarang dikenal khususnya di indonesia, itu karena batu tersebut langka dan susah ditemukan. Bahkan untuk namanya sendiri juga tidak terlalu populer walaupun penampilannya sangat menarik.

Leave a Reply

You Might Also Like