SPG Rokok Berhijab Di Muktamar NU

On 2015-08-04 by admin

Perhelatan Muktamar Nahdlatul Ulama di Jombang membawa berkah tersendiri bagi para pedagang. Ada ribuan pedagang ikut meramaikan hajatan akbar Nahdlatul Ulama ini. Mulai dari pengasong, penjual pinggir jalan, sampai penjual yang terlibat langsung dalam bazar. Jumlah pengunjung acara Muktamar juga banyak, sehari mencapai 10 ribu lebih yang non peserta Muktamar.

Sementara untuk jumlah peserta Muktamar mencapai 5 ribu orang. Artinya, sehari kurang lebih ada 15 ribu orang mengunjungi Muktamar ini. Mereka datang menikmati makanan yang disediakan di stan-stan.

Beraneka ragam stan dibuka di sepanjang lokasi utama muktamar di Alun-Alun Jombang dan juga di sekitar empat Pondok Pesantren, Tebuireng, Tambak Beras, Denanyar dan Paterongan. Mulai dari rokok, bank, kopi, susu, televisi, pakaian hingga stan yang diisi oleh usaha kecil menengah NU sendiri.

Salah satu stan yang laku keras adalah pedagang kaos di sekitar alun-alun Jombang, para muktamirin banyak yang memburu kaos bertuliskan ‘Muktamar NU ke-33’ dan juga ‘Islam Nusantara’. Menurut Wahid sang pedagang, Dia menyuplai sekitar 940 potong kaos tiap hari dan di sore hari sudah habis. Antusiasme muktamirin dan juga pengunjung Muktamar lainnya begitu besar dan membuat pedagang kebanjiran untung.

pedagang kaos muktamar nu

Source:https://img.okezone.com/content/2015/08/04/519/1190245/kaos-islam-nusantara-banyak-diburu-muktamirin-L3abPHsMl8.jpg

Selain pedagang, ada pula yang membuka jasa pijat di sekitar lokasi muktamar. Bahkan di salah satu sudut tenda utama sidang pleno di Alun-Alun Jombang, ada yang membuka jasa terawang batu akik. Sang penyedia jasa terawang batu akik tersebut bernama Cak Romli, kemampuannya menerawang didapat dari kakeknya. Sudah dua tahun dia menekuni bidang ini yang hasilnya ternyata bisa untuk menghidupi keluarganya.

pedagang akik muktamar nu

Source:http://www.muslimdaily.net/wp-content/uploads/2015/08/pedagang-batu-akik-banjiri-area-muktamar-nu-1SqBp87dJv.jpg

Ada juga penjual pulsa keliling dengan berjalan kaki di arena Muktamar NU, dengan kalung kertas bertuliskan ‘Jual Pulsa Murah All Operator’. Namanya Ahmad Juwarni adalah satu dari ribuan warga Nahdliyyin, sebutan bagi orang-orang pengikut NU, yang ikut hadir dalam muktamar tersebut. Selain untuk membantu muktamirin yang sedang membutuhkan pulsa, dia mengaku cara berjualan unik tersebut untuk memeriahkan muktamar. Tak sendiri, Juwarni datang ke Jombang membawa anak dan istrinya. Anak dan istrinya pun mengaku senang karena dirinya mendapat rezeki tambahan dengan berjualan pulsa di muktamar tersebut

Selain itu ada juga copet dan aksi unik lainnya yang mewarnai Muktamar NU ini. Ada juga pemandangan menarik yang tampak dalam gelaran akbar 5 tahunan ormas Islam terbesar di Indonesia tersebut yaitu adanya sales promotion girl (SPG) produk rokok ternama yang tampil tidak seperti biasanya.

spg rokok muktamar nu

Source:http://www.satuharapan.com/uploads/pics/news_161_1438667715.jpg

Jika di hari-hari biasa, para SPG rokok itu mengenakan pakaian terbuka nan seksi yang membuat pria melirik ke arah mereka, dalam Muktamar NU kali ini para SPG tersebut mengenakan hijab dengan pakaian tertutup rapat.

Seorang SPG bernama Meme, mengaku mengenakan hijab atau jilbab hanya di lokasi Muktamar NU. Saat bertugas di kota atau kabupaten lain yang ada di Provinsi Jawa Timur, Meme mengatakan tidak mengenakan jilbab.

Lajang asli Jawa Timur ini mengaku, hal tersebut dilakukan demi menghormati warga Nahdliyyin dan Kabupaten Jombang yang banyak dikelilingi pondok pesantren. Sebab, kata dia, bila tidak mengenakan jilbab, dikhawatirkan memberi kesan tidak pantas di mata muktamirin dan pengunjung muktamar.

Sebenarnya, kata Meme, saat mengenakan hijab dia merasa lebih cantik dibanding saat tidak berhijab. Terlebih, kata dia, ketika mengenakan hijab seperti ini, para pengunjung juga bersikap lebih sopan dengan tidak menggoda mereka ketika menawarkan rokok.

Wahh, bagus juga ya.. SPG Rokok yang syariah.. Kalian suka artikel ini? Berikan komentar kalian ya..

 

 

Leave a Reply

You Might Also Like