RI Akan Untung Besar Jika Kontrak Freeport Tidak Diperpanjang Lagi!

On 2015-11-18 by admin

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan bahwa Indonesia akan mendapatkan keuntungan sangat besar kalau kontrak PT Freeport Indonesia tidak diperpanjang lagi.

freeport

Jauh-jauh hari Presiden Jokowi juga sudah menetapkan persyaratan yang harus Freeport penuhi jika ingin kontraknya yang akan habis pada 2021 bisa diperpanjang lagi.

Rizal Ramli menuturkan kalau syarat tersebut dipenuhi, maka kontrak Freeport yang merupakan perusahaan tambang asal Amerika Serikat ini bisa dilanjutkan. Tapi kalau seandainya Freeport tidak mau memenuhi syarat tersebut maka KKnya harus dikembalikan dan Freeport harus segera hengkang dari Indonesia dan tidak masalah kalau kontrak Freeport tidak diperpanjang.

Malah menurutnya lagi, Indonesia akan mendapat banyak keuntungan kalau kontrak Freeport tidak diteruskan.

Apa sih syarat yang diajukan Jokowi untuk kontrak Freeport? Jokowi meminta pembayaran royalti kepada pemerintah yang lebih tinggi, tidak membuang limbah sembarangan dan mencemari lingkungan. Lalu, melakukan pelepasan saham (divestasi), pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian tembaga (smelter), dan memperbaiki lingkungan.

freeport (1)

Rizal kembali mengatakan bahwa cadangan emas yang dimiliki Amerika sungguh sangat mencengangkan yaitu sekitar 16 juta kilogram. Sedangkan cadangan devisa emas yang dimiliki Bank Indonesia hanya 100 ribu kilogram.

Rizal menegaskan kalau misal setengahnya saja dimasukin ke dalam cadangan devisa BI, maka rupiah akan sangat menguat ke kisaran angka dua ribu perak per USD.

Rakyat Indonesia sudah sering meminta Presiden Joko Widodo untuk tidak meneruskan kontrak Freeport tersebut dan nantinya akan dikelola sndiri oleh pemerintah.

Sumber : hello-pet.com

Leave a Reply

You Might Also Like