Mau Batu Akik Koleksimu Jadi Mengkilap? Ini Caranya

On 2015-08-01 by admin

Demam batu akik belum berakhir juga. Semakin banyak kalangan yang memakainya, Dari anak kecil sampai orangtua, dari pria sampai wanita. Begitu fenomenanya nilai sebuah batu akik, sampai sampai orang rela membeli sebutir batu akik dengan nilai yang fantastis.

Macam-macam jenis batu akik terdapat di pasaran. Harga yang di tawarkan pun berdasarkan kelangkaan dan juga pola yang terbentuk dari batu akik itu sendiri. Semakin unik pola yang dihasilkan dari batu akik tersebut, maka harga yang ditawarkan tentunya akan semakin mahal.

batu akik mengkilap

Source:http://www.tipsbatu.com/wp-content/uploads/2015/04/tips-agar-batu-cincin-mengkilap.jpg

Salah satu kriteria supaya batu akik tersebut memiliki harga mahal adalah kadar mengkilapnya batu akik tersebut. Semakin mengkilap dan bening batu akik tersebut, maka akan semakin meningkatkan harga dari batu cincin.

Membuat batu akik mengkilap merupakan aktivitas menyenangkan dan biasanya sering dilakukan oleh kebanyakan penggemar batu di sela-sela waktu luang mereka. Namun aktivitas menyenangkan seperti itu bisa menjadi masalah terhadap batu yang dimiliki, jika tidak tahu cara melakukannya karena bisa jadi batu yang semula dalam kondisi baik, justru berubah rusak dan menjadi buram.

Nahh, ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengkilapkan batu cincin ini sangatlah beragam. Mulai dari cara modern, hingga cara yang tradisional. Cara tradisional untuk mengkilapkan batu akik ini cenderung lebih murah, meskipun memerlukan waktu dan usaha yang tidak bisa dibilang mudah. Bahkan cara tradisional ini juga sudah mulai diaplikasikan pada jaman Walisongo. Di jaman itu, popularitas batu cincin masih sangat terbatas. Hanya kalangan bangsawan lah yang memiliki kemampuan untuk membeli atau membuat batu cincin tersebut.

batu akik mengkilap1

Source:https://s0.bukalapak.com/system4/images/1/9/9/2/2/8/7/0/large/Batu_Cincin_MERAH_BORNEO___bicolor_Merah___Hitam.jpg

Berikut ini adalah cara-caranya :

1. Menggunakan daun pisang kering

Mengapa menggunakan daun pisang kering? karena ternyata daun pisang kering tersebut mengandung senyawa yang membuat batu akik terlihat semakin mengkilap. Cara menggosoknya pun juga sangat sederhana. Kita hanya perlu mengambil daun pisang kering kemudian gosokkan pada batu akik secara searah.

2. Menggunakan kulit

Sebaiknya menggunakan kulit hewan yang biasa digunakan untuk bahan dompet, sabuk, atau benda lain yang terbuat dari kulit. Gosokkan batu tersebut secara searah dan kemudian kilau batu akik tersebut akan terpancar. Hal ini dikarenakan di dalam kulit masih mengandung minyak.

3. Menggunakan bambu

Gunakan tekstur kulit bambu yang halus, batu akik digosok-gosokkan ke permukaan kulit bambu tersebut dengan searah. Cara ini akan sangat membantu untuk meningkatkan daya kilap dari batu akik tersebut. Hal yang harus diperhatikan kalau memakai bambu ini antara lain cuci bersih bambu kemudian jemur, gosok batu di permukaan bambu jangan terlalu keras, gosok dengan berulang, cukup lakukan seminggu atau sebulan sekali.

4. Rendam dalam air kelapa

Masukkan batu akik ke dalam cairan yang berisi air kelapa, biarkan selama beberapa jam hingga semalam untuk mendapatkan hasil yang baik. Setelah direndam selama semalam penuh, keesokan harinya angkat batu tersebut kemudian keringkan dengan lap yang lembut.

5. Menggunakan amplas

Sebaiknya pilih kertas amplas yang paling sesuai dan memiliki tekstur yang lembut atau paling halus. Gosok searah dan perlahan lahan saja.

itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengkilapkan batu akik yang kusam dan buram karena tergores, kotor dan tidak terawat. Biasanya batu akik yang sudah lama tidak mendapat perawatan akan terlihat gelap dan tidak memantulkan cahaya dari dalam batu

Gimana, cara yang sederhana dan murah meriah kan? Yuk praktekkan segera dan lihat hasilnya..

 

 

Leave a Reply

You Might Also Like