Lihat Kisah Inspiratif Cowok Yang Jualan Batu Biasa Sampai Jadi Jutawan Ini

On 2015-07-20 by admin

Sekarang ini orang orang lagi digandrungi dengan demam batu akik. Dari yang muda hingga yang tua, dari artis dalam negeri hingga luar negeri menyenangi batu akik. Bahkan baru baru ini Victoria Beckham dengan bangganya memajang batu akik asal Indonesia di Instagramnya loh!

Tapi sebenarnya demam batu bukan hanya kali ini, di tahun 1970an Amerika juga pernah dilanda demam batu. Namun ada perbedaanya dengan batu batu yang dijual sekarang ini. Seorang pria bernama Gary Ross lah yang mempopulerkan demam batu di tahun 1970an. Bukan batu akik, tapi batu biasa yang dilabeli “Pet Rock” kalau diartikan batu peliharaan

 

HAH!!? Ini dia ceritanya

 

Dilansir dari hello-pet.com pada tahun 1970an, booming batu batu yang dijual sebagai binatang peliharaan yang terkenal dengan istilah ‘Pet Rock”. Walaupun nyeleneh, tapi kenyataannya Pet Rock ini bisa membuat Dahl menjadi kaya raya.

1

sumber : http://hello-pet.com/menarik-2/85798

Ide ini didapatkan Gary Ross saat dia sedang berkumpul bersama teman temannya di sebuah bar. Teman temannya mengeluh betapa susahnya memelihara dan merawat binatang peliharaan. Dari sanalah Ross kemudian mendapatkan ide untuk menjadikan batu sebagai binatang peliharaan.

Kala itu semua orang menghina dan menertawakan ide konyolnya yang memelihara batu. Dari ditertawakan itulah, Dahl merealisasikan ide nya ini menjadi bisnis. Setelah menemukan dua investor, membangun toko, dan membeli berkotak-kotak batu dari pantai Meksiko, dia mulai menjual batu-batunya sebagai peliharaan. Dia mengemas batu-batu murah itu dengan kemasan yang sangat baik seolah-olah yang ada di dalamnya adalah makhluk hidup sungguhan. Dia memberikan ‘sarang’ untuk batu di dalam kotaknya, sekaligus lubang agar batu yang ada di dalam bisa ‘bernapas’.

Dan lebih lucunya lagi, Dahl menyertakan buku panduan untuk memelihara batu tersebut dengan kata kata menggelikan “Setelah mengeluarkan batu tersebut dari kotak, letakkan di atas kertas koran. Batu itu tak akan bergerak lagi, sampai kalian memindahkannya.” Tentu saja sangat konyol, karena batu kan memang tidak bisa bergerak sendiri.

2

sumber : http://hello-pet.com/menarik-2/85798

Dan hebatnya, batu peliharaan ini menjadi fenomena di tahun itu. Semua orang memuji ide jenius Dahl. Saat itu perang Vietnam baru saja berakhir, dan Watergate baru saja dimulai. Dan pemberitaan diisi dengan berita buruk.

“Itu adalah waktu yang membuat banyak orang merasa pesimis. Mereka membutuhkan sesuatu untuk hiburan, dan Pet Rock datang di saat yang tepat,”

Dari batu yang tidak bernilai, Dahl berhasil menjualnya sebanyak 1,5juta batu dengan harga $4 per bijinya. Bahkan Dahl sanggup membeli rumah dan kolam renang serta mobil Mercedes. Hingga membuat banyak orang meniru ide nya dan akhirnya mengalami bisnisnya mengalami penurunan.

3

sumber : http://hello-pet.com/menarik-2/85798

Disaat orang lain mulai mengalami penurunan, Dahl justru keluar dari bisnisnya dan membuat usaha lain dari hasil usaha menjual batu nya. Dahl juga menulis buku berjudul Advertising for Dummies yang diterbitkan tahun 2001.

Cerdas juga ya pria satu ini, hanya dengan menjual ide yang nyeleneh seperti itu dia bisa mendapatkan kehidupan yang luar biasa. Ini sebenarnya bisa menjadi inspirasi untuk kita semua, asalkan selama kita mempunyai ide dan berani untuk mewujudkannya, maka kesusksesan sudah di depan mata. Dan disaat orang orang latah mengikuti, keluarlah sebelum terlambat dan ciptakan peluang baru. Betul?

 

sumber : http://hello-pet.com/

Leave a Reply

You Might Also Like