Kronologi Tragedi Semeru Yang Menimpa Dania

On 2015-08-16 by admin

Tidak ada seorang pun yang tahu kapan ajal akan maenghampiri karena ini  merupakan rahasia Illahi seperti juga halnya jodoh dan rejeki. Pun demikian yang di alami Dania Agustina Rahman (19) seorang pendaki cantik asal Sukabumi yang akhirnya harus meninggal dunia dalam perjalanannya menuju puncak Semeru. Dania diketahui meninggal akibat tertimpa batu besar karena longsor dari puncak semeru. Seorang rekannya M Rendyka mengalami patah kaki akibat tertimpa batu.

Dania Agustina Rahman, warga Jalan Arif Rahman Hakim Perbata No.4 RT 04 RW 04 Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Sukabumi, Jawa Barat yang juga merupakan mahasiswi Universitas Pasundan (Unpas) Bandung mengalami lupa yang cukup parah di bagian kepala dan patah kaki kiri. Dan berikut adalah kronologis lengkapnya.

rip-dania1

“Kejadian sekitar pukul 05.45 pagi dengan lokasi kejadian keduanya sama, hanya sekitar 30 menit lagi saat perjalanan menuju puncak. Keduanya tertimpa batu besar yang jatuh dari puncak Semeru,”

Dania dan Rendyka berasal dari rombongan yang berbeda, saat itu keduanya sedang dalam perjalanan menuju puncak Semeru bersama rombongannya masing masing. Saat itu perjalanan menuju puncak semeru sudah penuh sesak oleh pada pendaki yang ingin menuju puncak Semeru. Diperkirakan kala itu ada 200 pendaki yang berjalan beriringan menuju puncak, diantaranya adalah Dania.

Saat puncak sudah ada di depan mata, hanya berjarak sekitar 30 menit, peristiwa nahas itupun terjadi. Diduga ada salah seorang pendaki yang salah menginjak dan menyebabkan bongkahan batu longsor kebawah.

Para pendaki berusaha menghindar, lantas batu menghantam tebing terbelah menjadi dua. Rendyka berusaha menghindar tapi mengenai kaki kanannya hingga patah.

Dania saat itu tengah dalam kondisi duduk beristirahat, sepertinya Dania tengah dalam kondisi tidak kuat menuju puncak Semeru, tapi teman temannya terus menyemangati agar melanjutkan perjalanan. Dalam posisi yang tidak siap itu, batu jatuh dari atas dan meninggal seketika setelah dihantam batu tepat dibagian kepalanya.

Dania tewas tertimpa batu di Gunung Semeru. Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Ayu Dewi Utari mengatakan korban kejatuhan batu berukuran diameter 80 sentimeter di 200 meter sebelum puncak Mahameru. Korban mengalami luka di bahu kiri serta belakang telinga.

rip-dania2

Para pendaki memilih menghentikan perjalanan menuju puncak dan bersepakat untuk turun dan membawa jenazah Dania turun ke bawah menuju Pos Ranupani. Peristiwa yang menimpa korban ini terjadi pada Rabu pagi. Jenazah korban baru tiba di kamar mayat RSUD dr Haryoto pada Rabu malam, 13 Agustus 2015.

rip-dania3

Dania Agustina Rahman, 19 tahun, meninggalkan kesan religius di mata rekan-rekan sesama pendaki. Salah satu rekan korban, Wiggy Giovani, mengatakan Dania sempat mengajak rekan-rekannya untuk salat subuh berjemaah menjelang sampai puncak Mahameru di Gunung Semeru. Tapi karena situasi, kondisi, dan tempat yang tidak memungkinkan, rekan-rekan korban tidak memenuhinya.

Jenazah Dania Agustina Rahman (19) warga Sukabumi, Jawa Barat dikebumikan di komplek pemakaman umum Taman Bahagia, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Sukabumi Jawa Barat pada hari Jumat (14/8/2015) dengan diantar seluruh kerabat keluarga beserta dengan rekan kuliah dan Wali Kota Sukabumi HM. Muraz.

rip-dania4

bunda Dania Neneng Sunengsih (48) dan sang ayah Dede Rahman (56) tampak beberapa kali menyeka airmatanya, kondisi serupa juga terlihat dari kakak dan adik putri ke tiga dari tujuh bersaudara itu.

Dania dimakamkan dengan peti mati. Usai tertutup tanah, bergantian pihak keluarga menaburkan bunga dilanjutkan dengan teman SMU dan teman-teman Dania semasa kuliah di Universitas Pasundan (Unpas) Bandung.

rip-dania5

“Dia memang suka mendaki, cita-citanya berangkat ke Semeru memang ingin menginap dan mengibarkan bendera merah putih di puncak mahameru,” tutur Ami (19) rekan kuliah Dania.

Selamat jalan Dania, Semoga mendapat tempat terbaik disisi Tuhan Yang Maha Esa, Aamiin..

Sumber : http://hello-pet.com/berita-gosip/100508

Leave a Reply

You Might Also Like