Kisah Sedih Pramugari Trigana Air

On 2015-08-18 by admin

Menjelang peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke tujuh puluh besok, hari ini berita duka kembali lagi menyelimuti tanah air Indonesia khususnya di dunia penerbangan, Pesawat Trigana Air diberitakan menabrak gunung di Distrik Okbape, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Pernyataan tersebut berdasarkan informasi dari masyarakat setempat, yang mengaku mendengar sebuah ledakan besar terjadi di wilayah pegunungan berbatu di distrik tersebut.

trigana

Source:http://ntmcpolri.info/wp-content/uploads/2015/08/85004_pesawat_trigana_air_663_3821.jpg

Diketahui, pesawat berjenis ATR 42 dengan nomor registrasi PK-YRN lepas landas dari Bandara Sentani Jayapura pukul 14.22 WIT dengan waktu tiba diperkirakan di Oksibil 15.04 WIT. Pada pukul 15.00 WIT Bandara Oksibil melakukan kontak dengan pesawat namun tidak ada jawaban. Ada 49 penumpang dan 5 orang kru dalam pesawat tersebut.

Sebelumnya, Kapolda Papua, Brigjen Paulus Waterpauw mengatakan bahwa upaya pencarian sementara dilakukan meski dalam kondisi terbatas. Tim pencari memfokuskan pencarian di Distrik. Distrik ini berjarak 25 km dari Oksibil, Ibu Kota Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.  Bila cuaca bagus, malam ini ada yang mulai bergerak melalui jalur darat.

Badan SAR Nasional mengatakan bahwa cuaca di Oksibil maupun Papua pada umumnya memang dikenal cepat berubah-ubah dan ekstrem. Wilayahnya yang berupa pegunungan menjadi faktor utama kondisi cuaca yang seperti itu. Oksibil merupakan salah satu distrik atau setingkat kecamatan, yang menjadi ibukota Kabupaten Pegunungan Bintang. Pegunungan Bintang terletak di daerah pegunungan tengah Papua dan berbatasan dengan Papua Nugini di sebelah timur. Penerbangan dari dan ke Oksibil hanya bisa dilakukan pada pagi hari. Jika sudah memasuki siang, cuaca akan berubah drastis sehingga pesawat-pesawat perintis tidak akan berani terbang. Sementara akses ke Oksibil hanya bisa dijangkau melalui udara saja.

Dan sore tadi, Gubernur Papua bersama jajaran Polda dan TNI menggelar rapat koordinasi terbatas. Polda, TNI dan SAR dikerahkan ke Distrik Okbape. Selain itu akan digunakan pesawat dari Kodam Kodam XVII Cenderawasih juga helikopter untuk membantu pencarian pada Senin besok pagi.

dita-amelia-kurniawan-pramugari-trigana-air

Source:https://anekainfounik.files.wordpress.com/2015/08/dita-amelia-kurniawan-pramugari-trigana-air-il267.jpg

Tragedi kehilangan kontak yang menimpa  pesawat Trigana Air itu menyisakan pedih bagi salah satu pramugarinya Elna Maicella. Dita Amelia Kurniawan salah seorang pramugari Trigana Air yang merupakan teman dekatnya yang bertugas di dalam pesawat IL267 yang hilang kontak di Papua tersebut. Selain Dita ada juga pramugari Ika Nugraeni Sukma Putri, Elna tidak menyangka situasi buruk akan menimpa rekan profesinya itu. Dita sempat memosting fotonya melalui akun Path miliknya pagi tadi. Ia memosting foto tersebut sebelum terbang dari bandara Sentani. Dita mengunggah foto selfie setengah badan di akun Path-nya. Dari foto yang terlihat, Dita mengenakan baju seragam pramugari dengan background lorong pesawat yang tengah kosong. .

Elna bercerita, mereka sempat berkomunikasi via Blackberry Messenger malam tadi. Mereeka sempat mengobrol membicarakan potongan rambut Elna yang dibilang Dita kependekan. Dan tadi pagi, pesan BBM Elna tak lagi dibalas oleh Dita. Ia juga mengirim pesan via Whatsapp, namun tak ada respon. Di profil BBMnya, Dita memasang status ‘no no no’. status tersebut menurut Elna telah dipasang sejak beberapa hari lalu.

Hingga saat ini belum diketahui di mana lokasi pesawat Trigana Air yang hilang kontak tersebut. dari data manifes, ada 49 penumpang di dalamnya. 44 Di antaranya penumpang dewasa, 2 bayi dan 3 anak-anak. Selain itu Trigana Air rute Jayapura-Oksibil tersebut diketahui juga mengangkut uang tunai kurang lebih sekitar enam miliar. Informasi yang diperoleh  uang tunai itu dibawa pegawai kantor Pos. Uang itu dibawa dalam tas yang diketahui petugas saat pemeriksaan xray.

Semoga amal ibadah para korban diterima Tuhan Yang Maha Esa serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan, Aamiin..

Leave a Reply

You Might Also Like