Kenali Ciri Razia Polisi Yang Sah & Legal Berikut Ini

On 2015-07-20 by admin

Razia kendaraan bermotor bukan hal yang harus ditakuti para pengendara. Malah, pengendara berhak untuk menanyakan surat penugasan razia kepada petugas. Dilansir dari hello-pet.com ada perbedaan antara razia kendaraan bermotor yang resmi dan yang tidak resmi

Sesuai peraturan pemerintah PP No 42 Tahun 1993, pasal 15 disebutkan razia sah harus dilengkapi papan tilang yang diletakkan minimal 100 meter sebelum lokasi. Kemudian pada pasal 13, harus ada surat tugas. Sebelum menunjukkan SIM dan STNK, suruh polisi menunjukkan surat tugasnya.

1

sumber : http://hello-pet.com/pengetahuan-umum/77915

 

Surat perintah tugas sekurang-kurangnya memuat:

  1. Alasan dan jenis pemeriksaan
  2. Waktu pemeriksaan
  3. Tempat pemeriksaan
  4. Penanggung jawab dalam pemeriksaan
  5. Daftar petugas pemeriksa
  6. Daftar pejabat penyidik yang ditugaskan selama dalam pemeriksaan.

RAZIA DI PERBATASAN

sumber : http://hello-pet.com/pengetahuan-umum/77915

Saat razia, petugas yang melakukan razia wajib menggunakan pakaian seragam dan atribut yang jelas, seperti tanda-tanda khusus sebagai petugas pemeriksa dan perlengkapan pemeriksaan. Untuk razia yang dilakukan oleh polisi, petugas harus menggunakan seragam dan atribut yang ditetapkan.

Tempat pemeriksaan juga wajib dilengkapi dengan tanda yang menunjukkan adanya pemeriksaan kendaraan bermotor. Tanda dimaksud harus ditempatkan pada jarak sekurang-kurangnya 100 meter sebelum tempat pemeriksaan.

Khusus untuk pemeriksaan yang dilakukan pada malam hari, selain harus dilengkapi tanda yang menunjukkan adanya pemeriksaan, juga wajib dipasang lampu isyarat bercahaya kuning terang.

Lalu selanjutnya, operasi lalu lintas yang digelar polisi juga harus dipimpin seorang PERWIRA (minimal berpangkat Inspektur Dua = Ipda) bukan BINTARA yang berpangkat Bripda atau Briptu

Cara membedakan mana PERWIRA dengan BINTARA

Kalau PERWIRA itu pangkatnya minimal Ipda, seperti ini

3

sumber : http://hello-pet.com/pengetahuan-umum/77915

 

Dan kalau BINTARA itu pangkat minimalnya Bripda, seperti ini

4

sumber :http://hello-pet.com

 

Namun sayangnya dalam beberapa kasus banyak razia yang dilakukan petugas tidak sesuai dengan peraturan dan terkadang tidak dilengkapi dengan tanda, ditambah lagi razia tersebut berada di tikungan jalan dengan beberapa petugas berada di lokasi cukup jauh untuk mencegah pengendara lain berbalik arah.

Inilah yang kemudian membuat masyarakat takut saat ada razia polisi sehingga lebih memilih untuk menghindar dengan mencari jalan lain. Dalam kasus ini pihak kepolisian wajib memberikan penjelasan kepada masyarakat dan selalu ramah dalam berbicara agar publik pun bisa lebih percaya kepada para penegak hukum. Dengan demikian kepolisian akan menjadi institusi yang dihormati masyarakat luas dam bukan malah membuat takut masyarakat.

Banyaknya kasus yang melibatkan gesekan antara polisi dan masyarakat pada beberapa hari belakangan ini merupakan dampak dari ketidakpercayaan masyarakat pada kepolisian. Namun masyarakat juga harus sadar kalau sebenarnya semua ketertiban dan kenyamanan tidak hanya menunggu tindakan petugas saja, namun masyarakat pun harus lebih banyak aktif untuk menjaga ketertiban.

 

Leave a Reply

You Might Also Like