Ini Pengertian Blue Moon Yang Benar!

On 2015-08-05 by admin

Langit makin memperlihatkan keindahannya dengan kehadiran Blue Moon, Karena keindahan bulan biru ini, sejumlah fotografer pun mengabadikannya. Dan kemudian Blue Moon tahun ini dijadikan sebagai penghormatan terakhir untuk Neil Armstrong, astronot asal Amerika Serikat yang baru saja meninggal dunia pekan lalu.

Fenomena astronomi yang baru saja dinikmati oleh masyarakat dunia itu terjadi  pada 31 Juli kemarin, publik pun beramai-ramai menanti bagaimana penampakan blue moon alias Bulan Biru. Namun, bulan biru ini bukan berarti bulan yang memiliki warna biru, melainkan bulan purnama yang langka dan hanya terjadi 2,5 tahun sekali.

Yang jelas, istilah bulan biru setidaknya sudah dipakai selama 500 tahun. Maknanya juga terus mengalami perubahan. Penggunaan istilah bulan biru paling awal adalah pada tulisan Kardinal Thomas Wolsey, penasihat Raja Henry VIII dari Inggris. Dalam naskah itu, Wolsey menuliskan, “Membuatmu percaya bahwa bulan itu biru.” Bulan biru kala itu bermakna sesuatu yang absurd, sulit dijelaskan.

Fenomena bulan biru telah menarik perhatian warga dunia. Sejumlah astronom amatir dan fotografer mengabadikan fenomena tersebut. Bulan purnama penuh tetap bersinar dengan warna kuning. Namun terlihat juga pancaran cahaya biru yang tipis mengelilingi bulan tersebut. Kemungkinan besar warna biru yang terjadi itu akibat kondisi langit.

Terakhir kali, Blue Moon muncul pada Maret 2010, atau tepat 30 bulan lalu. Adapun warna biru yang tampak pada bulan disebabkan debu di atmosfer yang menyebabkan efek warna biru dalam pandangan manusia ke bulan. Bahkan setelah Krakatau meletus pada 1883, sisa debunya disebut menyebabkan warna bulan terlihat biru selama dua tahun.

Mari saksikan kemunculan sang bulan biru. kalau terlewat, Kalian harus menunggu hingga 2018.

Bulan purnama terlihat dari lokasi patung Liberty berada di kota New York, Amerika Serikat, pada 31 Juli 2015. Bulan purnama kedua di bulan Juli ini populer disebut Blue Moon.

fenomena-blue-moon-terlihat-di-berbagai-negara-riyadh-resolusi-hellopet-jam-tangan-zupper

fenomena-blue-moon-terlihat-di-berbagai-negara-riyadh-resolusi-hellopet-jam-tangan-zupper.jpg-1

Bulan purnama terlihat di balik menara telekomunikasi di Camlica Hill kota Istanbul Turki, pada 31 Juli 2015.

fenomena-blue-moon-terlihat-di-berbagai-negara-riyadh-resolusi-hellopet-jam-tangan-zupper.jpg-2

Bulan purnama kedua di bulan Juli atau di sebut Blue Moon, terlihat di balik patung malaikat di atas castel Sant’Angelo di Roma, Italia, pada 31 Juli 2015.fenomena-blue-moon-terlihat-di-berbagai-negara-riyadh-resolusi-hellopet-jam-tangan-zupper.jpg-3

Seoramg pengendara sepeda mendaki sebuah bukit di Roma, Italia, untuk melihat Blue Moon atau Bulan Purnama kedua di bulan Juli, pada Jumat, 31 Juli 2015.

fenomena-blue-moon-terlihat-di-berbagai-negara-riyadh-resolusi-hellopet-jam-tangan-zupper.jpg-4

Bulan purnama Blue Moon terlihat di Longgar Row, dekat Princess Risborough, sebelah tenggara Inggris, pada 31 Juli 2015.

fenomena-blue-moon-terlihat-di-berbagai-negara-riyadh-resolusi-hellopet-jam-tangan-zupper.jpg-6

Ingin menyaksikan keindahan bulan tersebut? Keluarlah selepas senja, menanti terbitnya sang bulan. Benda paling terang yang bsa di saksikan dari bumi itu bisa kalian lihat tanpa alat bantu.

Suka dengan artikel di atas? bagikan dan berikan komentar kalian ya

Sumber : http://hello-pet.com/berita-gosip/95172

Leave a Reply

You Might Also Like