Ilmuwan Ini Bilang, Minum 8 Gelas Air Putih Sehari Itu Sehat Cuma Mitos!

On 2015-09-07 by admin

Adakah diantara kamu yang tidak suka air tapi merasa harus dan perlu minum air? Banyak yang bilang bahwa minum delapan gelas air perhari bisa berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Bahkan, ada yang mengatakan kebiasaan itu bisa meningkatkan kesehatan kulit, mengontrol berat badan dan melancarkan pencernaan.

Karena kira-kira 80% tubuh manusia terdiri dari air. Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air di atas 80%. Dua organ paling penting dengan kadar air di atas 80% adalah : Otak dan Darah.

Tanpa mengkonsumsi air secara cukup, tubuh dapat mudah terserang penyakit. Maka, jangan lupa untuk mengkonsumsinya minimal 8 gelas setiap hari atau sekitar minimal dua liter air. Setiap hari, sekitar dua liter air terbuang melalui kulit, paru-paru, usus, dan ginjal. Air yang hilang ini harus diganti agar kita tidak mengalami dehidrasi. Jika kita kekurangan air atau mengalami dehidrasi, maka beberapa tanda seperti sakit kepala, lelah, pegal, air seni yang pekat, tidak tahan terhadap panas, serta mulut dan mata yang kering akan terjadi pada tubuh.

Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki Komponen air 95%. Jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Jumlah di atas harus ditambah untuk seorang perokok.

Benarkah demikian?

agar-sehat-harus-minum-8-gelas-sehari-cuma-mitos

Namun ternyata, itu hanyalah mitos belaka! Seorang professor pediatric dari Indiana, University School of Medicine mengatakan demikian. Dalam sebuah artikel yang dilansir The New York Times, Aaron E. Carrol, Professor Pediatri dan Pembantu Dekan untuk Mentoring Penelitian di Indiana University School of Medicine, menuliskan,

“Jika ada satu mitos kesehatan yang tidak akan mati, itu adalah ini: Anda harus minum delapan gelas air sehari.”

beliau mengatakan, tidak ada teori ilmiah dibalik minum delapan gelar air perhari bisa meningkatkan kesehatan. Ia menegaskan bahwa itu tidak benar.

Menurut Aaron, cairan yang dibutuhkan oleh tubuh tidak hanya berasal dari air karena orang juga bisa mendapatkannya dari buah dan sayuran. Aaron kembali menegaskan bahwa cairan tubuh tidak hanya didapat dari air minum namun juga bisa dari makanan.

Buat kamu yang tidak suka air putih, perbanyak makan buah dan sayuran tentu bisa dilakukan agar cairan tubuhmu seimbang.

Sumber : http://hello-pet.com

Leave a Reply

You Might Also Like