Batu Akik Palsu Rusak Pasar

On 2015-08-10 by admin

Akhir-akhir ini batu akik sintetis asal China mulai membanjiri pasaran. Pedagang semakin waspada dan mendesak pemerintah segera menangkal masuknya batu abal-abal tersebut. Batu akik tiruan itu biasanya dijual dengan harga miring dengan menduplikasi sejumlah batu akik berkelas seperti Pancawarna, Kalimaya bahkan hingga Bacan. Karena itu, pembeli diimbau agar lebih mengenal batu akik.

batu akik

Source:http://3.bp.blogspot.com/-Clkec8YfWjk/VRTZ2SRJjFI/AAAAAAAADsc/2kF6bx-G5aY/s1600/Cara%2Bmembedakan%2Bbatu%2Bakik%2Basli%2Bdan%2Bpalsu.jpg

Para pedagang mengaku sudah seringkali menemukan batu akik aspal atau sintetis ini. Cara membedakan batu akik asli dan palsu, bagi pembeli memang cukup menyulitkan. Terlebih jika harganya jutaan atau puluhan juta rupiah, sehingga diperlukan kehati-hatian dan tidak terburu-buru.

Dan nasib batu akik saat ini nasibnya sudah di ujung tanduk, bahkan seorang pengamat menduga demam batu akik berakhir di pertengahan tahun 2015.

Batu akik yang sudah sangat banyak dikenakan oleh berbagai macam kalangan. Banyak macam batu akik yang terdapat di pasaran. Harga yang dipatok juga bermacam-macam tergantung dari tingkat kelangkaan dan juga pola yang terbentuk dari batu akik tersebut. Semakin unik pola yang dihasilkan dari batu akik tersebut, maka harga yang ditawarkan tentunya akan semakin mahal.

batu akik1

Source:http://www.mitrabaca.com/wp-content/uploads/2014/06/akik08277322-mitrabaca.jpg

Bahkan ada beberapa batu akik yang memiliki harga hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah dikarenakan uniknya pola yang dihasilkan dari batu akik itu sendiri. Salah satu kriteria supaya batu akik tersebut memiliki harga mahal adalah kadar mengkilapkan batu akik tersebut.

Para pedagang dan penggemar batu akik mulai membicarakan turunnya harga batu akik. Padahal, sebelumnya harga batu akik sempat mencapai ratusan juta rupiah dan bahkan ada yang miliaran rupiah. Beberapa kalangan berpendapat, bahwa turunnya harga batu akik disebabkan oleh beredarnya batu sintesis alias palsu yang di jual bebas. Selain itu yang menyebabkan harga batu akik menjadi lebih murah adalah karena tidak adanya standarisasi harga batu akik.

batu akik2

Source:http://server6.merahpoetih.com/gallery/public/2015/02/20/eftbOEcjSQIkkmD1424416619.jpg

Akibat harga batu akik turun belakangan ini juga menggerus omzet penjualan yang sangat signifikan. Seorang pedagang batu akik yang biasanya mendapatkan omzet Rp 90 juta per bulannya, kini turun signifikan menjadi sekitar Rp 50-60 juta.

Selain beberapa faktor diatas yang menyebabkan turunnya harga batu akik, beredarnya batu akik palsu dari China juga turut mempengaruhi harga pasar batu akik. Batu akik tiruan itu banyak dijual dengan harga miring dan menduplikasi sejumlah batu akik berkelas seperti Pancawarna, Kalimaya bahkan hingga Bacan.

Leave a Reply

You Might Also Like