Awas! Ini Bahayanya Makan Kue Cubit Setengah Matang!!!

On 2015-08-08 by admin

Kue cubit adalah salah satu dari aneka kue basah jajanan pasar tradisional sebagai cemilan sederhana yang populer di beberapa daerah seperti yang sering kita jumpai di daerah Jakarta dan Bandung.  Kita dapat menggunakan cetakan dalam berbagai bentuk, mengkreasikan aneka topping dan selain itu kita juga bisa mengkombinasikan adonan dengan aneka rasa sesuai selera. Salah satunya adalah dengan tinggal menambahkan bubuk green tea atau coklat dalam adonan untuk membuat kue cubit rasa green tea atau coklat bahkan mungkin macam-macam rasa lainnya. Selain itu cara memasaknya pun tergantung selera mau setengah mateng atau mateng.

Demam kue cubit setengah matang masih berlangsung sampai sekarang. Kenikmatan lelehannya yang empuk, hangat dan manis. Modifikasi lain yang dilakukan adalah dengan memberi beragam rasa dan topping, bukan hanya cokelat tabur saja. Mulai dari kue cubit greentea sampai kue cubit red velvet dengan berbagai macam topping banyak diburu para pecinta kuliner. Tak jarang antrian sampai mengular hanya untuk dapat menikmati lezatnya kue cubit yang sudah dimodifikasi ini. Kebanyakan orang juga menyukai kue cubit yang dimasak setengah matang. Lelehan adonannya yang lembut dan manis membuat lidah ketagihan untuk terus menikmatinya.

Seenak apa sih kue cubit ini? Makanan khas Indonesia satu ini merupakan salah satu dari ratusan makanan khas Indonesia yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia maupun luar negeri. Salah satu request/permintaan yang paling sering diminta oleh pembeli kue cubit adalah “Mas, kue cubitnya dimasak stengah mateng ya!” dan sang abang kue cubit pun akan dengan senang hati melayaninya, bahkan justru nawarin “Mau dimasak mateng apa stengah mateng?”.

Walaupun rasanya enak, ternyata kue cubit setengah mateng itu berbahaya banget loh! Apa ya bahayanya?

Kue-cubit1

Kue cubit yang dimasak setengah matang otomatis akan membuat bahan-bahan di dalamnya juga termasak setengah matang, termasuk di dalamnya adalah telur. Berdasarkan standar suhu internasional, makanan dari suhu yang panas saja sudah tidak baik untuk dikonsumsi apabila terkena udara terbuka selama 4 jam. Apalagi stengah mateng, brarti lebih bahaya kan kalo dikonsumsi apalagi lebih dari 4 jam?

Sebenernya, yang paling parah dari kue cubit setengah mateng adalah telurnya. Telur ayam mengandung bakteri Salmonella, dan jika tidak dimasak atau dimasak stengah matang, bakteri ini dapat masuk ke tubuh kita dan menyebabkan diare dan muntah-muntah. Tapi, segala efek dari bakteri ini tergantung dari kekuatan fisik per individu ya!

Kue-cubit2

Serem juga ya abis tau efek buruk dari kue cubit setengah mateng! Padahal kan kalo dimasak setengah mateng jadi lebih enak gitu rasanya :( Tapi, supaya menjaga kesehatan tubuh kita mending jangan dikonsumsi ya kawan makanan stengah mateng satu ini!

Sumber : http://hello-pet.com/baru/97238

Leave a Reply

You Might Also Like