Arca Ini Dipahat Dari Batu Akik

On 2015-08-06 by admin

Keindahan batu akik memang tidak dapat dipungkiri, tak heran kalau banyak orang yang tergila-gila untuk memilikinya. Beraneka macam jenis batu akik dan harganya berlomba-lomba bersaing di pasaran. Selain dibentuk sebagai cincin, batu akik dapat disulap juga menjadi bentuk lainnya.

Seperti ini contohnya, di tangan para pemahat, batu akik ternyata dapat pula menjadi sebuah karya seni yang spektakuler. Para pemahat yang tergabung dalam Paguyuban Seni Pahat Patung Batu Akik RJK Kabupaten Garut, Jawa Barat ini, mereka memahat batu akik menjadi bentuk sejumlah arca binatang yang menarik.

Awalnya, Ketua Paguyuban Seni Pahat Patung Batu Akik RJK, KRT Nurseno SP Utomo merasa jenuh dengan bisnis perhiasan batu akik. Berbagai macam batu asal Garut dijadikan cincin, liontin, gelang, dan asesoris lainnya untuk dijual. Nurseno sudah menjalani bisnis tersebut selama satu tahun, sejak demam batu akik di Nusantara dimulai.

Warga Kecamatan Bungbulang, Kebupaten Garut ini pun berpikir untuk membuat karya bentuk lain dari batu akik yang sangat dicintainya. Jika biasanya batu asal Garut seperti pancawarna dan hijau garut dipecah menjadi belahan-belahan kecil untuk dijadikan perhiasan, Nurseno kini berpikir untuk memahat bongkahan besar menjadi arca.

Bongkahan besar tersebut kemudian dijadikan patung. Dalam waktu sebulan, sebanyak 12 arca hewan pun selesai. Dengan kompak, para pemahat membuat patung tersebut, sedangkan beberapa orang lainnya menjadi tim pendukung seperti penyedia konsumsi.

KRT Nurseno Utomodi galerinya di Desa Salakuray, Kecamatan Bayongbong, Garut, Rabu yang lalu mengatakan,“Pembuatan arca dari bahan batu akik Garut ini baru berjalan sebulan yang lalu, dalam kurun waktu sebulan sudah ada 15 arca yang dibuat “ .

batu akik

Source:http://media.infospesial.net/image/p/2015/03/harga-batu-akik-diprediksi-anjlok-seperti-nasib-ikan-lou-han-a01d.jpg

Nurseno juga mengatakan, kalau arca yang dibuat dari batu akik jenis Panca Warna dipahat membentuk binatang seperti naga menggenggam bola dunia yang memiliki filosofi tentang makhluk tuhan untuk melindungi bumi. Selanjutnya ada juga arca berbentuk patung kuda, garuda, bagong (babi hutan), ayam, domba, macan, katak dan patung kerbau yang seluruhnya memiliki makna tersendiri.

“Semua patung yang kami buat itu merupakan lambang cikal bakal seluruh sisi kehidupan yang saat ini kita alami, juga mengandung arti-arti tersendiri,” katanya.

Ia menuturkan juga kalau selama ini estetika batu akik dari Kabupaten Garut sudah dijadikan batu cincin dan liontin yang memiliki daya tarik tersendiri. Namun, Nurseno mengaku keunggulan batu akik Garut itu ingin memiliki nilai seni yang lebih yaitu dijadikan bahan untuk seni pahatan batu dengan dibentuk arca.

“Ingin lebih mendayagunakan fungsi dan manfaat batu Garut yang lain, yang mempunyai nilai seni lebih,” kata pria kelahiran Garut ini.

Ia mengungkapkan, pahatan patung yang pertama dibuatnya dari batu akik yakni patung naga dengan nilai hasil pahatan terbaik, bahkan pernah ditawar seharga Rp15 miliar.

“Sebelum patung-patung dari batu akik yang lain, ini (naga) patung batu yang pertama dibuat oleh paguyuban kami,” katanya. Ia menambahkan, arca batu akik belum berani diperjuabelikan karena belum diperiksa oleh kurator batu seni dan dibuatkan sertifikatnya.

Patung yang berbentuk naga meski ditawar dengan harga tinggi Nurseno tidak mau melepas begitu saja, Ternyata ohh ternyata dia berniat memberikan arca berbentuk naga tersebut secara gratis kepada Presiden Joko Widodo. Nurseno mengatakan kalau arca tersebut memiliki nilai-nilai yang baik sekali.

Wahh beruntung sekali ya Presiden Jokowi akan mendapatkan arca naga tersebut, selain bernilai seni tinggi juga mahal harganya.

Kalian suka dengan artikel ini? Bagikan dan beri komentar ya.

Leave a Reply

You Might Also Like